Apa Itu Game Petualangan dan Bagaimana Mereka Berkembang? – Game petualangan menawarkan narasi yang dalam dan teka-teki kompleks dan telah ada selama beberapa dekade. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang game petualangan.

Jika Anda mendengar istilah “game petualangan”, Anda mungkin memikirkan video game seperti Tomb Raider dan Uncharted; tapi itu tidak cocok dengan genre game petualangan. Atau mungkin mengingatkan kita pada titik-dan-klik piksel lama seperti Pulau Monyet dan Hari Tentakel; ini memang game petualangan, tapi genrenya jauh lebih luas.

duniagame.co.id – Jadi apa sebenarnya game petualangan itu? Bagaimana genre ini berkembang selama bertahun-tahun dan apa yang akan terjadi di masa depan? Kami akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang game petualangan.

Apa Itu Game Petualangan dan Bagaimana Mereka Berkembang?

Definisi Game Petualangan

Di satu sisi, sulit untuk menentukan definisi game petualangan. Anda mungkin mendapatkan sesuatu yang berbeda dari semua orang yang Anda minta.

Karena itu, akan sangat membantu untuk terlebih dahulu memahami apa itu game petualangan.

Genre petualangan berarti sesuatu yang berbeda di media lain—sesuatu yang menggetarkan dan mendebarkan. Peter Pan adalah sebuah buku petualangan dan Indiana Jones adalah sebuah film petualangan, tetapi unsur-unsur yang membentuk cerita-cerita ini tidak selalu merupakan sebuah game petualangan.

petualangan didefinisikan sebagai “perjalanan, pengalaman, atau peristiwa yang luar biasa atau tidak terduga yang diikuti seseorang sebagai akibat dari kebetulan.”

“Juga, petualangan biasanya mencakup situasi berbahaya, pelarian sempit, masalah yang harus diselesaikan melalui kecerdasan dan keterampilan, orang dan tempat eksotis, dan tindakan berani.”

Banyak game petualangan tentang perjalanan tak terduga yang dialami secara kebetulan, tetapi bukan itu yang membuat mereka begitu. Plus, sementara pemecahan masalah adalah sentral, langkahnya sering kali santai. Dengan demikian, sementara definisi sastra petualangan didasarkan pada topik, definisi permainan didasarkan pada mekanisme permainan.

Definisi yang kuat dari game petualangan berasal dari Adventure Gamers , yang meringkasnya menjadi game yang “Berfokus pada pemecahan teka-teki dalam kerangka cerita, dengan sedikit atau tanpa elemen aksi secara umum”.

Itu artinya game seperti Tomb Raider dan Uncharted bukanlah game petualangan. Meskipun mengandung pemecahan teka-teki, mereka terutama merupakan pengalaman aksi. Sama halnya, game seperti Tetris dan Candy Crush sangat membingungkan, tetapi tidak memiliki kerangka naratif.

Menurut definisi Adventure Gamers, sebuah game petualangan selalu mengandung beberapa tingkat narasi, teka-teki, dan eksplorasi.

Dengan definisi ini, berarti game seperti The Secret of Monkey Island, Broken Sword, Gabriel Knight, Machinarium, The Walking Dead, Life is Strange, Oxenfree, dan Firewatch semuanya adalah game petualangan.

Baca Juga : Mengapa Game Petualangan Menyebalkan

Sejarah Game Petualangan

Game petualangan pertama yang pernah dirilis adalah Colossal Cave Adventure pada tahun 1976. Bahkan, ini dianggap sebagai contoh pertama dari fiksi interaktif.

Permainan ini dikembangkan oleh Will Crowther, yang menggabungkan hobinya mengarungi gua dengan kecintaannya pada fantasi.

Di sinilah petualangan teks lahir, diikuti oleh orang-orang seperti Adventureland dan Zork. Cerita diceritakan murni melalui teks di layar, yang dapat berinteraksi dengan pemain dengan mengetikkan perintah sederhana seperti “pergi ke utara” dan “dapatkan kunci”.

Pada 1980-an, petualangan visual lahir. Yang pertama adalah Mystery House dari Sierra On-Line, yang masih membutuhkan input teks tetapi menampilkan grafik vektor.

Seiring berkembangnya teknologi, ini memungkinkan pengenalan grafik dan animasi bitmap. King’s Quest tahun 1984 adalah contoh utama dari ini.

Saat dekade berkembang dengan munculnya mouse komputer, datanglah petualangan point-and-klik seperti Maniac Mansion 1987. Game ini tidak perlu mengetik—sebagai gantinya, Anda mengklik layar untuk memindahkan karakter Anda, dan memilih kata kerja (seperti “ambil”, “buka”, dan “gunakan”) dari bagian bawah layar.

Beberapa game genre yang paling berpengaruh dan populer datang selama era ini dan awal 90-an; terutama, meskipun tidak eksklusif, dari pengembang seperti LucasArts dan Sierra. The Secret of Monkey Island, Leisure Suit Larry, Broken Sword, Sam & Max: Hit the Road, dan Full Throttle adalah contoh game yang dipuja banyak orang hingga saat ini.

Faktanya, gaya tunjuk dan klik ini terus menjadi tulang punggung banyak game petualangan modern. Meskipun antarmuka telah disempurnakan, seringkali menghapus pemilih kata kerja yang mendukung satu-klik-melakukan-semua, Broken Age 2014 dan Taman Thimbleweed 2017 keduanya menemukan khalayak yang besar.

Tapi mari kita melompat kembali. Seiring perkembangan tahun 90-an, dan teknologi terus meningkat, game petualangan melihat penambahan kemewahan seperti akting suara, sementara yang lain bereksperimen dengan video interaktif (dikenal sebagai FMV).

Beberapa memberanikan diri ke gameplay 3D. Dirilis pada tahun 1993, Myst menjadi salah satu video game terbesar dan terlaris sepanjang masa. Gim ini memiliki narasi yang lebih longgar dan eksplorasi orang pertama serta pemecahan teka-teki yang disukai, yang sangat terinspirasi oleh The Witness 2016.

Seiring berjalannya tahun 90-an, popularitas game petualangan turun. Salah satu alasan utama untuk ini adalah bahwa komputer rumahan mampu menangani gameplay yang lebih maju, yang mengarah ke judul aksi sukses besar seperti Doom.

Selama tahun 2000-an, game petualangan kehilangan popularitas. Ini mungkin paling baik dilihat melalui pembatalan Sam & Max: Freelance Police—sebuah game petualangan yang dihentikan di tengah-tengah produksi oleh LucasArts, yang pernah menjadi pelopor genre tersebut.

Sementara game petualangan masih dibuat, terutama oleh pengembang Eropa dan indie, audiens mereka tidak lagi seperti dulu.

Apa Itu Game Petualangan Modern?

Pada tahun 2012, Double Fine, sebuah studio yang dipimpin oleh veteran game petualangan Tim Schafer, beralih ke Kickstarter untuk mendanai game petualangan point-and-click klasik. Proyek ini mengumpulkan $3,4 juta dan menjadi kampanye Kickstarter terbesar hingga saat itu.

Game ini dirilis dalam dua bagian dan menampilkan aktor suara terkenal seperti Elijah Wood dan Jack Black. Itu adalah katalis bagi banyak pengembang game lain yang mencari pendanaan independen melalui Kickstarter.

Meskipun permainan diterima dengan baik, itu tidak benar-benar mengarah pada kebangkitan point-and-klik profil tinggi (terlepas dari beberapa seperti Pedang Patah: Kutukan Ular). Sebaliknya, genre game petualangan berkembang.

Genre tumbuh untuk mencakup narasi berbasis pilihan dan simulator berjalan. Pendukung utama dari ini adalah Telltale Games ‘The Walking Dead, seri episodik lima bagian yang berbasis di alam semesta buku komik dengan nama yang sama.

Sebagai pengembang, Telltale sangat penting dalam mendorong distribusi episodik digital melalui game petualangan yang lebih tradisional seperti Sam & Max: Save the World, tetapi The Walking Dead mengalihkan fokus dari teka-teki untuk pengalaman yang lebih sinematik. Pemain dipaksa untuk membuat pilihan sulit dalam dialog dan aksi, yang memiliki efek riak pada sisa cerita.

Hal ini menyebabkan ledakan game berbasis pilihan yang terjual dengan sangat baik, seperti Life is Strange dan Detroit: Menjadi Manusia.

Simulator berjalan, seperti yang kadang-kadang disebut merendahkan, juga lahir dari petualangan tradisional. Ini adalah game seperti Gone Home dan Firewatch, sering disajikan dari sudut pandang orang pertama, yang mendukung pengalaman naratif yang kuat tanpa teka-teki atau tantangan.

Ada juga novel visual, yang sangat populer di Jepang, meskipun apakah novel ini termasuk dalam genre petualangan masih bisa diperdebatkan. Contoh lokal yang sukses termasuk seri Phoenix Wright dan Zero Escape.

Adapun petualangan point-and-click yang lebih tradisional itu? Banyak dari mereka telah menemukan audiens baru melalui remaster dan rilis ulang (seringkali di platform seluler), seperti Day of the Tentacle, Monkey Island, dan Grim Fandango.

Game Petualangan Terus Berkembang

Game petualangan telah ada sejak awal game. Meskipun genre telah berevolusi, beralih dari teks ke pengalaman 3D yang lengkap, itu tidak mungkin hilang secara permanen.

Orang-orang mendambakan narasi yang bagus; Anda tidak bisa mengalahkan cerita yang diceritakan dengan baik. Dan jika ada satu hal yang paling baik dilakukan oleh game petualangan, itu menyedot Anda ke dunia fiksi mereka dan membiarkan imajinasi Anda melambung tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.